Ishak Dan Yakub-Asal Mula Nama Israel

Ishak, putra Abraham dari istrinya Sara telah ditentukan Allah menjadi ahli warisnya. Berkat penyelenggaraan Allah, Ishak mengambil seorang istri dari keluarga Abraham di negeri asalnya , Haran di Mesopotamia. Nama istrinya Ribka. Dari Ribka Ishak mendapat anak kembar yaitu Esau yang sulung dan Yakub adiknya ( Kejadian 25:25-26). Kepada Ishak Allah berkata " Aku menepati sumpah yang telah Kuikrarkan kepada Abraham ayahmu. Segala bangsa di bumi akan diberkati dalam benihmu" (Kejadian 26:3-5).

     Kelak Yakub menjadi ahli waris janji Allah kepada Abraham, neneknya. Esau menyerahkan hak kesulungannya kepada Yakub (Kejadian 25:29-34).  Dengan perantaraan Ribka, ibunya, Yakub diberkati oleh Ishak, ayahnya sebagai yang sulung (Kejadian 27:1-40). Karena itu Esau menaruh dendam terhadapnya karena berkat yang telah diterimanya dari Ishak ayah mereka. Atas nasihat ibunya, Yakub lalu melarikan diri ke Haran, kepada Laban saudara ibunya. Yakub berangkat ke situ dengan berkat ayahnya dan dengan pesan supaya mengambil seorang istri dari Pandan-Aram di Mesopotamia.

     Dalam perjalanan ke Haran, Allah memberitahukan kepada Yakub dalam suatu mimpi " Aku akan melindungi engkau ke mana pun engkau pergi, dan aku Aku akan membawa engkau kembali ke negeri ini (Kejadian 28:15). Yakub selanjutnya bekerja pada Laban, saudara ibunya. Sesudah tujuh tahun bekerja di sana, ia mendapat Rahel anak Laban sebagai istrinya. Setelah tujuh tahun berikutnya bekerja di sana dan mendapat anak laki-laki yang bernama Yusuf, Yakub bersama dengan Rahel kembali ke Kanaan. Lalu terjadilah perdamaian dengan Esau kakaknya. Yakub diberi nama baru oleh Allah yaitu Israel (Kejadian 35:10); dan kepadanya Allah menetapkan janji-Nya, "Beranakcuculah dan bertambah banyak. Suatu bangsa besar akan terjadi darimu. Dan Raja-raja akan berasal darimu (Kejadian 35:9-15).

Raja-raja akan berasal darimu. Demikianlah kita ketahui bahwa raja Daud adalah salah seorang keturunan Yakub atau Israel (Bergumul melawan Allah dan manusia "dan memberkatinya") itu. Yesus sendiri sebagai Raja Israel yang dilahirkan oleh seorang perawan merupakan keturunan Daud dari suku Yuda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ishak Dan Yakub-Asal Mula Nama Israel"

Posting Komentar